Berita

Cyber Jawara 2018

Id-SIRTII/CC - BSSN kembali menyelenggarakan kompetisi hacking nasional cyber jawara pada tgl 9 oktober 2018. Kompetisi ini adalah sebuah kegiatan untuk melakukan simulasi serangan maupun pengamanan cyber. Tujuan dari kegiatan ini untuk menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya pengamanan pada setiap aktivitas cyber yang dilakukan oleh masyarakat maupun pemerintah. Hal ini sejalan dengan aktivitas yang dilaksanakan oleh laboratorium simulasi dimana simulasi serangan maupun pengamanan infrastruktur telekomunikasi berbasis protokol internet dilakukan. Oleh karena itu, Id-SIRTII/CC - BSSN kembali mengadakan kompetisi Cyber Jawara. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang ke-tujuh kali. Cyber Jawara 2018 merupakan ajang bertemunya praktisi keamanan cyber dalam melakukan simulasi serangan maupun pengamanan yang dibuat dalam bentuk kompetisi. Kompetisi tersebut diikuti oleh praktisi keamanan baik tingkat nasional maupun internasional. Selain itu kompetisi ini memberikan sarana bagi para komunitas dalam mengasah kemampuan cyber secara benar, sehingga kemampuan yang dimiliki dapat dikaryakan bagi kepentingan bangsa dan negara dalam rangka membela kedaulatan NKRI di ranah cyber.
Setelah sebelumnya telah diadakan penyisihan untuk Cyber Jawara 2018 dengan jumlah peserta 172 TIM, yang berhasil lolos ke Final Cyber Jawara sebanyak 17 tim, termasuk didalamnya adalah Juara Cyber Jawara tahun 2017 lalu, dan para juara kompetisi lokal lain yg ada seperti juara kompetisi hacking TNI AD, Juara SHL (Surabaya Hacker Link), Juara Arkavidia dsb.

Mekanisme Lomba yang digunakan pada Kompetisi Final Cyber Jawara kali ini akan menggunakan konsep Attack & Defense, setiap tim akan diberikan sejumlah s?ervice yang harus dipertahankan (di-patch) dan juga menyerang service milik tim lawan untuk mendapatkan flag. Untuk setiap service, service dijalankan menggunakan Docker, container pada Linux server yang disediakan panitia. Mekanisme scoring dirancang untuk mendorong peserta mencari vulnerability sebanyak-banyaknya, melakukan patching dengan benar, berusaha melakukan eksploitasi serta mencuri flag sebanyak mungkin, dan mengatur strategi yang tepat untuk mendapatkan skor akhir paling tinggi.

Cyber Jawara 2018 dimenangkan oleh Tim JAV dari Institus Teknologi Bandung dengan point tertinggi 7.351, Tim yang beranggotakan Jason Jeremy Iman, Aufar Gilbran dan Muhammad Visat Sutarno mereka akan mewakili Indonesia mengikuti kompetisi Tinggal Asia Tenggara yang akan dilaksanakan pada Bulan November 2018. Jika Tim JAV yang mewakili Indonesia dapat merebut gelar Juara maka tahap selanjutnya Tim tersebut dapat mengikuti Kompetisi Keamanan Siber Tingkat Asia Pasific di Tokyo - Jepang pada Bulan Desember 2018. Dan jika Tim Indonesia ini dapat memperoleh gelar juara di Tingkat Asia Pasific maka tahapan selanjut nya mengikuti Kompetisi tingkat Dunia di Las Vegas - Amerika Serikat. 

  • Selasa, 27 Nov 2018
  • Oleh admin

Pemantauan Trafik Internet Nasional

Laporan pemantauan trafik internet nasional dengan menampilkan laporan trafik mingguan, trafik bulanan dan trafik tahunan.

Peringatan Ancaman Keamanan & Kerentanan Sistem

Kumpulan arikel tentang peringatan dini ancaman keamanan dan kerentanan sistem.

Security News

Kumpulan berita tentang keamanan siber atau IT.

Laporan Insiden

Id-SIRTII/CC menerima pelaporan insiden dari publik untuk kemudian dilakukan koordinasi kepada pihak-pihak yang berkepentingan.