Laporan partisipasi kegiatan China – ASEAN Network Security Emergency Response Capacity Building Seminar di Qingdao, China (1)
Diposting : Selasa, 23 May 2017

            Pada tanggal 22 – 24 Mei 2017 Id-SIRTII/CC menghadiri Annual Event yang diadakan oleh CNCERT di Qingdao, China. CNCERT merupakan Cyber Emergency Response Team yang dimiliki oleh China atau yang saat ini dikenal sebagai Tiongkok. Acara ini merupakan acara rutin yang diadakan oleh CNCERT berisi tentang International Forum Discussion and Conference dan juga ada Technical Colloquium yang berkolaborasi dengan FIRST. Acara yang kami hadiri sekarang merupakan acara tahun kedua yang dilaksanakan oleh CNCERT.

 

 

                 Acara pertama yang dilaksanakan pada tanggal 22 Mei 2017 adalah 2nd CNCERT International Cooperation Forum & FIRST Technical Colloquium. Acara ini dilaksanakan di Shangri-La Hotel, Qingdao, China dan dihadiri oleh kurang lebih 100 orang dari berbagai negara. Acara diawali dengan penyampaian Welcome Remark yang disampaikan oleh LIU Xinran, Wakil Direktur Jendral dari CNCERT/CC. Setelah pemberian sambutan, perwakilan dari CNCERT XU Yuan, memberikan laporan progress dari Forum International CNCERT. Acara dilanjutkan dengan penyampaian presentasi tentang CyberSecurity dari berbagai negara.

Pada acara ini, ada beberapa pembicara yang sudah sering dijumpai pada kegiatan International CyberSecurity seperti Adli Wahid yang merupakan Anggota Direktur dari FIRST dan juga Jacomo Dimmit dari Tim Cymru. Selain itu, kami juga menjumpai pembicara dari tiap negara seperti dari Korea, Thailand, Hongkong, Philipine Jerman, dan lainnya. Topik pada seminar kali ini banyak membahas mengenai CyberSecurity.

Adli Wahid dari FIRST menyampaikan tentang Perkembangan Kapasitas Keamanan Internet di Wilayah Asia Pasifik. Pada presentasinya, ia mengatakan bahwa “Keamanan bukan berarti hanya merespon pada saat terjadi insiden saja,” katanya. Adli membahas tentang bagaimana keamanan harus diterapkan dari berbagai sisi, dari awal kita membangun jaringan, membuat program, pengoperasian hingga kita melakukan kerjasama dengan stake holder lainnya. “If we are talking about security, we have to back to basic” jelasnya.

                 Selain membahas CyberSecurity, pada acara kali ini juga banyak membahas tentang CyberCrime dan CyberThreat yang terjadi di setiap negara. Nut Payongsri, Staff Teknikal Computer di Kementerian Sosial & Ekonomi Digital, Thailand, menyampaikan bagaimana kasus – kasus CyberCrime yang terjadi di Thailand saat ini seperti Web Defacement, Card Fraud, dan juga menyinggung tentang Ransomware seperti WannaCry yang sempat pula menjadi isu hangat di Indonesia kemarin. Ia melaporkan bahwa terjadi peningkatan penggunaan internet dan social media sebanyak 9 kali lipat dalam kurun waktu 16 tahun.

                Peningkatan penggunaan internet, khususnya dari smart phone dan juga penggunaan social media tidak hanya terjadi di Thailand, namun juga di Indonesia dan hampir semua negara lainnya. Hal ini merupakan concern dan juga tantangan bagi para CERT khususnya untuk meningkatkan kesadaran dan memperkuat pengamanan jaringan. Karena semakin banyak pengguna akan semakin tinggi tingkat kemungkinan kriminalitas yang bisa terjadi. Acara China – ASEAN Network Security Emergency Response Capacity Building Seminar di Qingdao, China masih akan berlangsung selama dua hari lagi. (fiogi)


Disclaimer | Copyright © 2013 - Id-SIRTII/CC
Id-SIRTII/CC - Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure/Coordination Center
Menara Ravindo Lt. 17, Jl. Kebon Sirih No. 75 Jakarta Pusat, 10340, Indonesia
Member of: